Selamat Datang

Selamat Datang di Web Blog Patriot Cahaya. Web Blog ini berisi perjalanan penulis Senda Irawan dan Novel Patriot Cahaya. Bagi sobat pembaca yang ingin mengetahui tentang Patriot Cahaya Berikut ini petunjuk link yang bisa diklik:

Klik Sinopsis - Untuk mengetahui sinopsis dari Patriot Cahaya.

Klik Endorsement - Untuk mengetahui siapa saja yang mengendorse Patriot Cahaya.

Klik Youtube - Untuk melihat preview youtube-nya.

Klik Interview Majalah - Untuk melihat berita tentang interview Senda Irawan di majalah-majalah yang pernah mewawancarainya.

Klik Interview TV - Untuk melihat berita tentang interview Senda Irawan di televisi yang pernah mewawancarainya.

Klik Bedah Buku - Untuk melihat berita tentang acara bedah buku yang Senda Irawan lakukan.

Preview Patriot Cahaya

Selasa, 15 Maret 2011

6 Mentor Menulisku

Ada banyak orang yang mendukung karierku dalam menulis dari mulai menulis buku hingga sekarang menulis novel. Satu hal aku tidak pernah bisa seperti sekarang ini tanpa bantuan dari mentor-mentor saya. Kalau sobat ingin tahu siapa saja yang sudah menjadi dan pernah mementori, berikut kutunjukkan orang-orangnya:

1. Bambang Trim



Aku memang tidak pernah dimentori secara langsung oleh Pak Bambang, namun lewat bukunya Saya Bermimpi Jadi Penulis Buku, semua adalah titik balik yang menjadikanku penulis seperti sekarang ini. Aku menaruhnya di urutan pertama, karena tanpa karya beliau aku mungkin tidak akan jadi penulis.

2. Doddy Mawardi



Aku menganggap beliau adalah guru, bagi saya secara pribadi. Beliau memang tidak pernah mengajarkan teknik dan metode 12 Pas secara langsung pada saya, namun saya diberi kesempatan langsung untuk bertemu dengan beliau untuk berbagi cerita dan pengalaman tentang menulis. Aku merasa sangat tersanjung sebagai penulis pemula, beliau betul-betul tidak memandangku sebelah mata dan sangat mendukungku dengan ide-ide segarnya untuk menjadi penulis yang tidak pernah kubayangkan, Ghost Writer.

3. Syamsa Hawa



Aku belum pernah dan buta sama sekali dengan dunia penulisan fiksi, tapi sejak bertemu dengan Mbak Syamsa, pemikiranku akan dunia fiksi pelan-pelan terkuak. Aku mulai paham bagaimana cara membangun alur, kejadian, dan karakter. Kesanku yang selama ini memandang sebelah mata fiksi kemudian mencair dan aku mulai menikmati kesenanganku di fiksi.

4. Tasaro GK



Buatku dia adalah sosok yang mengajarkanku bagaimana cara bercerita yang baik. Aku banyak belajar dari karya-karyanya dan kini semakin kagum dengan sepak terjangnya. Aku mengikuti karier menulisnya jauh sebelum ia tenar, tapi aku selalu bisa menilai ia memang sosok yang besar.

5. Peer Holm Jorgensen



Peer adalah mentor sebenarnya, beliau banyak kasih saran padaku. Sejak pertemuan kami di bedah bukunya, aku mencoba menyempatkan diri untuk tetap berkomunikasinya. Semangatnya untuk mendorongku menjadi penulis fiksi membuatku semakin semangat membuat novel berkualitas. Satu waktu kalau dia ke Indonesia aku harus bertemu dengannya, atau mungkin aku yang menyusul ke Denmark ya?

6. Mula Harahap



Pak Mula mengajarkan bagaimana caranya menjadi penulis yang humble. Tidak hanya itu pemikirannya akan dunia penulisan membuatku terperangah saat pertama kali menemuinya. Sayang pertemuan pertamaku dengan beliau ternyata menjadi pertemuan terakhir, karena beliau sudah di jemput lebih dahulu oleh Sang Khalik.

Inilah enam orang mentor yang selalu mendukungku sampai saat ini, aku hanyalah orang biasa saja yang selalu ingin belajar dengan siapapun, dimanapun. Mereka memberikan ruang yang sangat luas untuk menyerap semua ilmu mereka, terima kasih banyak mentor-mentorku, tanpa kalian, apalah arti seorang Senda.

Senda
-Penjejak Cahaya-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar