Selamat Datang

Selamat Datang di Web Blog Patriot Cahaya. Web Blog ini berisi perjalanan penulis Senda Irawan dan Novel Patriot Cahaya. Bagi sobat pembaca yang ingin mengetahui tentang Patriot Cahaya Berikut ini petunjuk link yang bisa diklik:

Klik Sinopsis - Untuk mengetahui sinopsis dari Patriot Cahaya.

Klik Endorsement - Untuk mengetahui siapa saja yang mengendorse Patriot Cahaya.

Klik Youtube - Untuk melihat preview youtube-nya.

Klik Interview Majalah - Untuk melihat berita tentang interview Senda Irawan di majalah-majalah yang pernah mewawancarainya.

Klik Interview TV - Untuk melihat berita tentang interview Senda Irawan di televisi yang pernah mewawancarainya.

Klik Bedah Buku - Untuk melihat berita tentang acara bedah buku yang Senda Irawan lakukan.

Preview Patriot Cahaya

Jumat, 09 Desember 2011

Memberi Semangat Untuk Mahasiswa UNJ Jurusan Geografi


Sudah lama sekali sepertinya saya tidak mengisi blog, vacum cukup lama karena mengerjakan beberapa pekerjaan membuat saya harus rehat sejenak dalam dunia perblog-an dan dunia seminar. Pada tanggal 6 Desember kemarin, saya keluar sejenak memberi semangat teman-teman mahasiswa UNJ jurusan Geografi untuk mulai menulis.

           Dalam seminar itu saya kemudian share pada mereka tentang tujuh alasan mengapa kita harus menulis, berikut ini adalah rangkumannya:
1.      Indonesia butuh kita menjadi penulis sekarang juga....
Minat baca yang ada pada bangsa Indonesia jauh tertinggal bila dibandingkan dengan minat baca negara lain. Di Indonesia angka minat baca kita hanya 0.001 saja. Artinya setiap seribu orang hanya 1 orang saja yang senang membaca buku. Mengapa hal ini terjadi?
Hal ini karena rendahnya buku yang terbit di Indonesia, itupun jumlahnya masih sangat kurang bila dibandingkan negara lain yang jumlah penduduk lebih sedikit bila dibandingkan Indonesia. Bagaimana solusinya?
Solusinya jelas dengan menciptakan lebih banyak lagi penulis, sehingga jumlah buku lebih banyak lagi dan akhirnya masyarakat akan lebih banyak tahu tentang buku-buku yang sesuai dengan dirinya.
2.      Kalau kita ingin tetap hidup, maka menulislah....
Kenapa seorang Kartini bisa tetap hidup dan terkenal sampai sekarang? Jawabannya adalah Kartini menuliskan gagasannya sehingga ia bisa tetap hidup sampai sekarang ini.
3.     Warisan....
Kalau kita tidak bisa kaya dan meninggalkan harta untuk tujuh turunan dibawah kita maka menulislah, karena dengan menulis harta kita tidak pernah habis tujuh turunan....
4.   Ingatlah! Rasulullah telah memberitahu kita bahwa setelah seorang manusia meninggal dunia, terputuslah semua amalannya kecuali 3 hal (Amal jariah, doa anak saleh, ilmu yang bermanfaat) dan menulis adalah medium yang membuat amal kita terus berkembang sampai kita meninggal kelak.
5.       Kita hidup di zaman modern, bukan di zaman prasejarah, jadi jangan mau disamakan prasejarah.
6.      Malu dengan seorang anak yang sudah menulis banyak buku di usia belianya:
Nama lengkap: Muthia Fadhila Khairunisa
Lahir: Jakarta, 14 Januari 2001
Buku: 
Life Skill memasak di sekolahku (Konferensi Anak Bobo, 2009)
Manusia Bunglon (Dar! Mizan, 2010)
Stawberry Secret (Dar! Mizan, 2010)
Magic Cookies (Dar! Mizan, 2010)
Miss Pantun & Miss Fashion (Dar! Mizan, 2011)
The Key Word (Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, 2011)
My Best Story, Chocholatte (Dar! Mizan, 2011)
Beeanglala (Pustaka Lebah, 2011)
The Pinky Girls (Dar! Mizan, 2011)
7.      Malu dengan Hellen Keller yang buta dan tuli namun punya semangat besar untuk menulis. Selama hidupnya bahkan ia sudah menulis 12 buku.
     
         Itulah sedikit share materi saya ketika di UNJ. Alhamdulillah mereka senang dan bersemangat menulis, meski masih harus membiasakan membaca terlebih dahulu. Harapan saya, seminar kemarin membuka pintu gerbang cakrawala mereka berpikir tentang menulis minimal satu buku dalam hidup mereka....

-Senda-
Penjejak Cahaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ikuti Perkembangan Blog via Email